Wednesday, September 29, 2010

Indonesia dibutuhkan Dunia Internasional

Do you want to share?

Do you like this story?

Jadi penggemar di Facebook ...
Bagikan artikel ini ..
PADANG, KOMPAS.com - Indonesia dibutuhkan oleh negara-negara di dunia, terutama berkaitan dengan kerjasama di bidang lingkungan hidup dan perubahan iklim.

Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia, Scot A. Marciel menyampaikan hal itu dalam kuliah umum berjudul Komitmen Kompreh ensif Antara Indonesia dan Amerika Serikat Dalam Bidang Pendidikan yang disampaikan di Universitas Andalas, Padang, Selasa (28/9/2010).

Scot mengemukakan Indonesia adalah negara dengan kepemilikan sumber daya alam yang sangat penting. Dunia butuh Indonesia, kata Scot yang baru bertugas secara resmi di Indonesia selama satu pekan terakhir.

Hal itu, imbuh Scot, merupakan salah satu diantara tiga bidang penting yang dinilai Amerika Serikat akan sangat berguna dalam kerangka kerjasama diantara kedua negara. Adapun dua hal lainnya ialah kerja sama di bidang perbaikan sektor industri dan perdagangan serta kerjasama di bidang pendidikan.

Khusus untuk bidang pendidikan, Scot mengatakan Pemerintah Amerika Serikat berencana menggandakan jumlah mahasiswa Indonesia di Amerika Serikat dan menggandakan jumlah mahasiswa Amerika Serikat di Indonesia yang cenderung menurun dalam satu dekade terakhir.

Untuk itulah, Pemerintah Amerika Serikat menjamin kemudahan pemberian visa bagi mahasiswa Indonesia yang hendak belajar ke Amerika Serikat. Tidak ada alasan bagi kami untuk tidak memberikan visa bagi seseorang yang hendak belajar ke Amerika Serikat, kata Scot.

Ia juga memastikan komitmen bantuan Pemerintah Amerika Serikat seb esar 165 juta dollar Amerika Serikat selama lima tahun ke depan yang akan diperuntukkan bagi beasiswa, pembelajaran Bahasa Inggris, dan program persiapan kemampuan berbahasa Inggris untuk studi di Amerika Serikat.

Rektor Universitas Andalas Padang, Musliar Kasim menambahkan, pihaknya akan menindaklanjuti kunjungan tersebut dengan melakukan sejumlah pendekatan yang akan berguna bagi Universitas Andalas.

Ia menambahkan, pada saat ini terdapat seorang peserta program pertukaran mahasiswa asal Amerika Serikat yakni Dustin Destinger dan seorang peneliti dari Amerika Serikat yakni Veronica Cedillos yang tengah berada di Universitas Andalas, Padang.

sumber : http://internasional.kompas.com/read/2010/09/28/21242619/Indonesia.Dibutuhkan.Dunia.

baca juga artikel ini :

Advertisements

Advertisements