Thursday, September 23, 2010

PM Jepang desak China Redakan Ketegangan

Do you want to share?

Do you like this story?

Jadi penggemar di Facebook ...
Bagikan artikel ini ..
HONGKONG, KOMPAS.com - PM China Wen Jiabao telah mendesak Jepang untuk bertindak terlebih dahulu dalam mengatasi ketegangan yang terjadi antara kedua negara atas tabrakan sebuah kapal di pulau tak berpenghuni di Laut China Selatan [baca: Hubungan Jepang - China memanas], demikian pernyataan resmi pemerintah pada Rabu (22/9/2010).

Dalam pertemuannya dengan warga China yang merantau di New York pada selasa, Wen mengatakan Jepang harus menghentikan aksi keliru dalam pemulihan hubungan China-Jepang dan bersikeras bahwa pemerintah Jepang bertanggung jawab atas rusaknya hubungan antara dua negara itu beberapa hari terakhir.

Wen berada di New York untuk menghadiri Sidang Majelis Umum PBB pekan ini, sementara Perdana Menteri Jepang Naoto Kan juga dijadwalkan bertolak dari Tokyo guna menghadiri acara yang sama.

Ketegangan antara dua negara Asia Timur tersebut semakin meningkat sejak Jepang menangkap kapten kapal nelayan China yang kapalnya menabrak dua kapal penjaga pantai Jepang dekat kepulauan Diaoyu yang dipersengketakan.

Kepulauan yang disebut sebagai Kepulauan Senkaku di Jepang, dikuasai oleh pemerintah Jepang, namun juga diklaim oleh China.

Jepang telah mengembalikan kapal beserta awaknya, tapi tetap menahan kapten kapal tersebut, sementara China tetap menginginkan pembebasan sang kapten.

Wen mengatakan Jepang harus segera membebaskan kapten tersebut tanpa persyaratan apapun karena ia mengklaim kepulauan tersebut merupakan bagian dari wilayah China.

PM China itu kemudian mengancam bahwa China tak akan memberikan toleransi bila Jepang tidak menjawab permintaaan negaranya.

"Bila Jepang tetap kukuh dengan cara yang ditempuhnya saat ini dan bersikeras untuk membuat satu kesalahan lainnya, China akan mengambil tindakan yang lebih jauh lagi dan konsekuensi dari hal itu akan ditanggung sepenuhnya oleh pihak Jepang," tegasnya.

sumber : http://internasional.kompas.com/read/2010/09/22/16475938/PM.China.Desak.Jepang.Redakan.Ketegangan

baca juga artikel ini :

0 komentar:

Post a Comment

Advertisements

Advertisements