Sunday, October 3, 2010

4 Menteri KIB II akan di Reshuffle

Do you want to share?

Do you like this story?

Jadi penggemar di Facebook ...
Bagikan artikel ini ..
JAKARTA - Juru Bicara Presiden Julian Aldrin Pasha akhirnya mengakui kemungkinan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono akan mereshuffle kabinet bertetapan dengan evaluasi setahun pemerintahan tanggal 20 Oktober mendatang.

Meski tidak menyebut secara spesifik menteri yang akan digusur, beberapa nama telah santer diisukan akan lengser dari jabatannya. Mereka yang disebut-sebut akan diganti adalah Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Patrialis Akbar dari Partai Amanat Nasional, Menteri Komunikasi dan Informatika Tiffatul Sembiring dari Partai Keadilan Sejahtera dan Menteri Perhubungan Freddy Numberi serta Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Darwin Zahedy Saleh dari Partai Demokrat. Mengapa?

Pengamat politik yang juga peneliti Lembaga Survei Indonesia Burhanuddin Muhtadi mengatakan, alasan reshuffle tersebut pertama-tama bukanlah penilaian kinerja para menteri yang dinilai Unit Kerja Presiden bidang Pengawasan dan Pengendalian Pembangunan (IKP4) periodik tiap tiga bulan.

"Bukan karena kinerjanya tapi karena komunikasi politik dengan partainya kurang, sehingga mereka kehilangan mandat partai karena susah dikendalikan, kata Burhan saat dihubungi Okezone, Sabtu (2/10/2010) malam.

Dia menjelaskan, Patrialis Akbar misalnya, memiliki hubungan yang kurang harmonis dengan Ketua Umum PAN Hatta Rajasa. Sementara Tiffatul Sembiring seringkali mengeluarkan pernyataan kontroversial yang mencoreng PKS yang belakangan mencitrakan diri sebagai partai terbuka dan tengah. "Freddy Numbery dan Darwin Zahedy Saleh, kurang komunikasi dan sulit dikendalikan partainya sendiri," ujarnya.

Menurut Burhan, pemerintahan Yudhoyono tetap akan aman meski merombak kabinet. Sebab, sesuai dengan kontrak politik yang dibuatnya bersama partai-partai koalisi, pengganti menteri yang dicopot tetap akan diambil dari partai yang sama. "Artinya, tidak ada perubahan komposisi koalisi karena SBY tetap merekrut calon yang direkomendasikan partai," katanya.(ram)

sumber : http://news.okezone.com/read/2010/10/02/339/378482/susah-diatur-4-menteri-akan-direshuffle

baca juga artikel ini :

Advertisements

Advertisements