Saturday, October 23, 2010

Batik Unik dari Ranah Minang

Do you want to share?

Do you like this story?

Jadi penggemar di Facebook ...
Bagikan artikel ini ..
Liputan6.com, Sumanik: Setahun sudah batik diakui Badan Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Budaya atau UNESCO sebagai warisan budaya Indonesia. Batik yang selama ini dikenal sebagai budaya masyarakat Jawa, ternyata juga dijumpai di Sumanik, Kabupaten Tanah Datar, Sumatra Barat.

Masyarakat di sana menyebutnya dengan batik tanah liek, yang artinya batik tanah liat. Uniknya, tak seperti di Jawa, mereka memproduksi batik yang direndam dalam tanah liat untuk memunculkan warna yang berbeda. Proses perendaman untuk membuat batik ini dilakukan sebelum dan sesudah pembuatan. Pewarnanya pun berasal dari tumbuhan, seperti getah gambir untuk warna merah atau getah kulit jengkol untuk warna hitam.

Batik tanah liek sebenarnya telah dikenal masyarakat Minang sejak abad ke-16 dan digunakan sebagai kain adat. Namun belakangan pamornya turun hingga kemudian diperkenalkan kembali pada 1994. Proses pembuatan sehelai batik tanah liek tulis yang memakan waktu satu hingga dua bulan ini menjadikan harga warisan budaya dari Ranah Minang tersebut mencapai Rp 2 juta sehelainya. Anda berminat mengoleksinya(MRQ/ANS)

sumber : http://id.news.yahoo.com/lptn/20101023/tpl-batik-unik-dari-ranah-minang-9c562ac.html

baca juga artikel ini :

0 komentar:

Post a Comment

Advertisements

Advertisements