Sunday, October 17, 2010

Harga Kambing 8 Juta Rupiah

Do you want to share?

Do you like this story?

Jadi penggemar di Facebook ...
Bagikan artikel ini ..
KOTAMOBAGU, KOMPAS.com - Harga kambing di Kota Kotamobagu, Sulawesi Utara, menjelang lebaran Idul Adha, Minggu (17/10/2010) naik hingga delapan juta rupiah per ekor.

Kenaikan harga ini dinilai sangat tinggi dibandingkan dengan harga biasanya yang hanya Rp 500 ribu hingga Rp 750 ribu per ekor.

"Tahun ini kenaikan harga kambing cukup tinggi dibanding dengan menjelang lebaran Idul Adha tahun sebelumnya," kata Santo, salah satu pedagang di Pasar Serasi Kotamobagu.

Dia mengatakan kenaikan harga kambing per ekor hingga delapan juta rupiah tersebut, dipacu tingginya permintaan kambing di Kota Kotamobagu, menjelang Idul Adha.

Selain itu masyarakat muslim di wilayah Kota Kotamobagu, merupakan mayoritas dan kesadaran masyarakat untuk berkurban pada bulan Idul Adhan juga cukup tinggi.

"Kami menjual kambing per harinya itu sebanyak 10 ekor, rata-rata hargaya tujuh setengah juta hingga delapan juta rupiah. Itu semua habis terjual," jelas Santo.

Sementara itu, Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Perindakop dan UKM) Kota Kotamobagu, Hamza Kastur, mengatakan bahwa kenaikan harga per ekor kambing tersebut tidak bisa ditahan oleh pemerintah karena hal tersebut merupakan permainan harga pasar.

Pemerintah hanya bisa melakukan kontrol terhadap kesehatan ternak yang dijual di pasaran agar yang mengkonsumsinya tidak terkena penyakit.

"Itu sudah permainan pasar, apalagi ada momen menjelang lebaran Iedul Adha seperti ini. Pemerintah hanya bisa mengontrol kesehatan ternak agar warga yang mengkonsumsi tidak bahaya," jelas Kastur.

sumber : http://regional.kompas.com/read/2010/10/17/0843410/Harga.Kambing.Sudah.Rp.8.Juta

baca juga artikel ini :

0 komentar:

Post a Comment

Advertisements

Advertisements