Sunday, October 24, 2010

Kepedulian Indonesia untuk Lingkungan Hidup di Mata Dunia

Do you want to share?

Do you like this story?

Jadi penggemar di Facebook ...
Bagikan artikel ini ..
Bandarlampung (ANTARA) - Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa menjelaskan, Indonesia dipandang dunia karena memiliki komitmen atau peduli terhadap perubahan iklim global.

"Itu pernyataan Presiden. Yaitu Indonesia dipandang dunia karena kita sebagai negara berkembang memiliki komitmen terhadap perubahan iklim global, jauh lebih tinggi dibandingkan negara maju yang lebih dahulu menggunduli hutan," kata Hatta di Bandarlampung, Minggu,

Karena itu, lanjut dia, pada penanaman 10 ribu pohon di Taman Hutan Kota Bandarlampung, dalam rangkaian kegiatan "Menanam Satu Miliar Pohon", perlu ditingkatkan gerakan penanaman pohon.

"Gerakan ini bukan hanya dengan perkataan, tetapi harus dengan kegiatan nyata yaitu menanam," ucapnya menegaskan.

Ia menjelaskan, Menteri Kehutanan saat ini, Zulkifli Hasan yang berasal dari Lampung, programnya yakni gerakan menanam pohon, kalau menteri-menteri yang sebelumnya membagi hutan dan menebang pohon.

Hatta menjelaskan, perubahan iklim global salah satu andilnya yakni akibat penebangan pohon yang tak beraturan, karena itu perlu dilakukan penanaman kembali di setiap tempat yang memungkinkan.

Dia pun menuturkan, hutan selain memiliki fungsi ekonomi yang terkait dengan peningkatan kesejahteraan masyarakat, juga sebagai penjaga kelestarian hidup.

"Karena itu, strategi pembangunan pun harus menyinergikan antara fungsi ekonomi dan kelestarian hidup tersebut," kata dia, di hadapan ribuan warga di Bandarlampung.

Menko Perekonian itu menngemukakan, dalam strategi pembangunan pun ditambahkan "pro green", "pro job", "pro poor", dan pro lingkungan hidup.

Terkait penanaman pohon yang dilakukan saat ini, menurut dia, mungkin belum bisa dinikmati dalam waktu dekat hasilnya, tetapi menjadi investasi bagi anak-cucu.

"Saya yang berasal dari Palembang, dan sejumlah orang yang dari daerah di sekolahkan orang tuanya ke Jawa, sebagian besar dari hasil pohon," paparnya.

Hasil pohon tersebut, berupa buah seperti duku, durian, dan lainnya. Sehingga gerakan menanam pohon pun harus dijelaskan bahwa manfaatnya pun cukup besar.

Pada penanaman pohon di Hutan Kota Bandarlampung, Menko Perekonomian itu menanam pohon cempaka, dan dia berharap selain untuk penghijauan juga sebagai tempat pendidikan bagi siswa-siswi guna mengenal aneka tanaman hutan.

Selain Menko Perekonomian, yang melakukan penanaman pohon di lokasi tersebut yakni Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan, Menteri Hukum dan HAM Patrialis Akbar, serta sejumlah pejabat di Kementerian Kehutanan, dan pejabat di Lampung, serta masyarakat.

sumber : http://id.news.yahoo.com/antr/20101024/tpl-hatta-indonesia-dipandang-dunia-kare-cc08abe.html

baca juga artikel ini :

0 komentar:

Post a Comment

Advertisements

Advertisements