Thursday, October 28, 2010

Kompas Juara 2 Pengguna Bahasa Indonesia Terbaik 2010

Do you want to share?

Do you like this story?

Jadi penggemar di Facebook ...
Bagikan artikel ini ..
JAKARTA, KOMPAS.com — Pusat Bahasa, Kementerian Pendidikan Nasional, Kamis (28/10/2010) di Jakarta, dalam acara puncak Bulan Bahasa dan Sastra, mengumumkan 10 media massa pengguna bahasa Indonesia yang baik tahun 2010. Harian Kompas menempati peringkat kedua, setelah Koran Tempo di peringkat pertama. Peringkat ketiga pengguna bahasa Indonesia yang baik adalah Media Indonesia.

Penilaian penggunaan bahasa Indonesia yang baik di media massa rutin digelar tiap tahun untuk memperingati Bulan Bahasa dan Sastra. "Diharapkan, penggunaan bahasa Indonesia oleh media massa dari tahun ke tahun semakin baik sehingga juga berdampak baik kepada masyarakat pembaca," kata Koordinator Intern Pusat Bahasa, Kementerian Pendidikan Nasional, Yeyen Maryani.

Sepuluh media massa pengguna bahasa yang baik secara berturut-turut sesuai peringkatnya adalah Koran Tempo (Jakarta), Kompas (Jakarta), Media Indonesia (Jakarta), Republika (Jakarta), Sinar Harapan (Jakarta), Suara Pembaruan (Jakarta), Pikiran Rakyat (Bandung), Seputar Indonesia (Jakarta), Kedaulatan Rakyat (Yogyakarta), dan Jawa Pos (Surabaya).

Sementara untuk Penghargaan Karya Sastra Pusat Bahasa tahun 2010 diraih Afrizal Malna dengan judul puisi Teman-temanku dari Atap Bahasa, Linda Christanty dengan cerita pendek Dari Jawa Menuju Atjeh, dan Nukila Amal dengan karya cerpen Laluba.

Sastrawan Afrizal Malna sekaligus ditetapkan sebagai penerima SEA Write Award 2010, yang akan ia terima langsung penghargaan tersebut dari Raja Thailand di Bangkok.

Menurut Yeyen Maryani, puncak Bulan Bahasa dan Sastra juga menjadi penyerahan hadiah bagi pemenang sayembara penulisan proposal penelitian kebahasaan dan kesastraan, pemenang sayembara penulisan esai sastra, pemenang sayembara penulisan naskah drama tingkat nasional, pemenang sayembara penulisan cerita rakyat, pemenang penulisan cerpen remaja tingkat nasional, pemenang sayembara cipta puisi remaja, pemenang festival musikalisasi puisi tingkat nasional, dan pemenang festival musikalisasi puisi tingkat DKI Jakarta, pemenang kuis tiara bahasa, pemenang debat bahasa, pemenang keterampilan bahasa Indonesia bagi peserta BIPA, dan pemenang lomba pembuatan blog kebahasaan dan kesastraan.

sumber : http://nasional.kompas.com/read/2010/10/28/20571822/Kompas.Juara.II

baca juga artikel ini :

0 komentar:

Post a Comment

Advertisements

Advertisements