Thursday, January 20, 2011

Hujan Es di Kawasan Lereng Merapi

Do you want to share?

Do you like this story?

Jadi penggemar di Facebook ...
Bagikan artikel ini ..
Sleman, GudangMateri.com - Hujan deras disertai hujan es sebesar biji kelereng melanda kawasan lereng Gunung Merapi di Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman, Kamis (20/1) sore. Fenomena hujan es tersebut disebabkan munculnya awan "Cumulonimbus" yang berdampak pada turunnya hujan es.

"Hujan deras dan hujan es tersebut berlangsung cukup lama sekitar 1,5 jam sehingga mengakibatkan sejumlah pohon tumbang dan atap seng rumah warga banyak yang beterbangan," kata anggota Tim SAR Kabupaten Sleman, Sunardi, Kamis (20/1)

Adapun wilayah yang mengalami hujan es di antaranya di Kecamatan Pakem, Cangkringan, Turi dan Ngaglik.

Menurut Sunardi, peristiwa tersebut juga menyebabkan aliran listrik si sejumlah wilayah mati karena travo meledak dan kabel putus tertimpa pohon tumbang.

"Kami bersama anggota tim SAR lainnya berusaha membuka jalan yang tertutup pohon tumbang dengan memotong batang-batang pohon dengan gergaji mesin," katanya.

Kepala Seksi Data dan Informasi Stasiun Geofisika, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Yogyakarta Toni Agus Wijaya mengatakan, fenomena hujan es tersebut disebabkan munculnya awan "Cumulonimbus" yang berdampak pada turunnya hujan es.

"Awan tersebut berbeda dari biasanya dengan membentuk vertikal dengan ketinggian tertentu pada awan yang ada. Awan tersebut menyentuh titik paling tinggi di udara yang bersuhu sangat dingin kemudian menjadi partikel beku saat hujan turun sehingga terjadi hujan es," katanya. (Ant)

sumber : http://nusantara.tvone.co.id/berita/view/47407/2011/01/20/hujan_es_landa_wilayah_lereng_merapi/

baca juga artikel ini :

0 komentar:

Post a Comment

Advertisements

Advertisements