Saturday, January 29, 2011

Tata Cara dan Jadwal SNMPTN 2011

Do you want to share?

Do you like this story?

Jadi penggemar di Facebook ...
Bagikan artikel ini ..
Berdasarkan Peraturan Pemerintah RI Nomor 66 Tahun 2010 tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan dan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 34 Tahun 2010 tentang Pola Penerimaan Mahasiswa Baru Program Sarjana pada Perguruan Tinggi yang diselenggarakan oleh Pemerintah, pola penerimaan mahasiswa baru program Sarjana pada Perguruan Tinggi melalui pola seleksi secara nasional dilakukan oleh seluruh Perguruan Tinggi secara bersama untuk diikuti oleh calon mahasiswa dari seluruh Indonesia.

Berdasarkan rapat Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia di Jakarta pada tanggal 30 Oktober 2010, para Rektor Perguruan Tinggi Negeri dibawah koordinasi Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kemdiknas menyelenggarakan seleksi calon mahasiswa baru secara nasional dalam bentuk Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN).

Sesuai dengan Permendiknas Nomor 34 Tahun 2010, SNMPTN akan dilaksanakan melalui 1) Jalur ujian tertulis dan/atau keterampilan, dan 2) Jalur undangan berdasarkan penjaringan prestasi akademik.

Berdasarkan hal tersebut, hari ini (12/1) Kemdiknas mengadakan konferensi pers yang dihadiri oleh Mendiknas, Dirjen Dikti, Wadirut Bank Mandiri, serta beberapa Rektor yang ada dalam kepanitiaan SNMPTN. Wakil Direktur Bank Mandiri Riswinandi mengatakan Bank Mandiri telah mengembangkan system teknologi informasi untuk mempermudah pendaftaran SNMPTN, sehingga calon mahasiswa tidak perlu datang ke kampus atau panitia local untuk mengisi formulir pendaftaran. “Para calon mahasiswa maupun orang tua dapat mengakses website SNMPTN untuk mendaftar dimana saja melalui jaringan internet. Pembayarannya pun dapat dilakukan secara online di seluruh jaringan Bank Mandiri”, ucap Riswinandi.

Mendiknas Mohammad Nuh mengemukakan pendaftaran sekaligus pembayaran yang dapat dilakukan secara online merupakan salah satu upaya kementerian dalam meningkatkan efisiensi dan member kemudahan bagi seluruh calon mahasiswa dalam mendaftar SNMPTN. “Banyaknya jalur masuk PTN dengan biaya pendaftaran yang berbeda dikhawatirkan akan mengurangi kesempatan calon mahasiswa dari keluarga kurang mampu untuk membeli formulir seleksi masuk PTN. Melalui SNMPTN calon mahasiswa hanya perlu mendaftar satu kali dan bisa memilih PTN mana saja. Setiap calon mahasiswa dimanapun dia berada bisa memilih dan mengikuti seleksi PTN yang diminati, ini merupakan bagian dari upaya untuk efisiensi dan optimalisasi”, ujar Mendiknas.

Sementara itu Dirjen Dikti Djoko Santoso mengatakan, “daya tampung SNMPTN 20% atau sekitar 120 ribu orang. Dari jalur undangan peminat masuk PTN juga sudah banyak.”

Ketua Umum Panitia SNMPTN yang juga Rektor IPB Herry Suhardiyanto mengatakan, “kami ingin seluruh calon mahasiswa di Indonesia memiliki kesempatan yang sama untuk mengenyam pendidikan di Perguruan Tinggi Negeri dan mendapatkan kemudahan dalam proses pendaftaran.” Beliau juga mengungkapkan bahwa dana akan dikelola oleh Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) sebagai pengelola keuangan SNMPTN hal ini didasarkan bahwa UNY adalah salah satu Perguruan Tinggi BLU terbaik di Indonesia.

Jadwal Pelaksanaan SNMPTN 2011 Jalur Undangan :

Pendaftaran : 1 Februari-12 Maret 2011

Pengumuman Hasil : 18 Mei 2011

Registrasi Mahasiswa Baru : 31 Mei dan/atau 1 Juni 2011

Jadwal Pelaksanaan SNMPTN 2011 Jalur Ujian Tertulis dan Keterampilan

1. Ujian Tertulis

Selasa, 31 Mei 2011 : Tes Potensi Akademik

Tes Bidang Studi Dasar

Rabu, 1 Juni 2011 : Tes Bidang Studi IPA

Tes Bidang Studi IPS

2. Ujian Keterampilan

Ujian Keterampilan dilaksanakan pada tanggal 3 dan 4 Juni 2011.

sumber : http://dikti.kemdiknas.go.id/index.php?option=com_content&view=article&id=1827:launching-snmptn-2011&catid=143:berita-harian

baca juga artikel ini :

0 komentar:

Post a Comment

Advertisements

Advertisements